Wednesday, July 18, 2012

Indonesia : Kerajaan Digital

Dunia kini mengalami perubahan dan beranjak pada kondisi yang baru, dimana kita tengah berada dalam masa revolusi teknologi informasi. Semua aspek kehidupan manusia di seluruh penjuru bumi secara tidak langsung dan perlahan terpengaruhi oleh keadaan ini. Setiap individu dituntut menguasai dan mengikuti perkembangan teknologi untuk dapat menghadapi perubahan zaman. Salahsatu teknologi yang berpengaruh tersebut adalah teknologi digital. Lalu bagaimanakah dampak teknologi digital terhadap kehidupan bangsa Indonesia?

Perkembangan teknologi digital tidak terlepas dari tersedianya akses internet. Setiap orang berusaha mencoba mengoptimalkan akses internet untuk berbagai keperluan termasuk mendapatkan pendapatan sebagai penunjang hidupnya. Keberadaan teknologi digital dan akses internet dinilai memiliki banyak dampak positif bagi kehidupan bangsa Indonesia. Jika Indonesia diibaratkan sebagai sebuah kerajaan, maka teknologi digital adalah sebuah sistem yang membawa perubahan bagi kerajaan tersebut. Berikut beberapa keuntungan adanya teknologi digital bagi Indonesia.

1. Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat

Kesejahteraan rakyat merupakan cita-cita bangsa yang telah dicetuskan oleh founding father pada masa kemerdekaan Indonesia. Kehadiran teknologi digital di Indonesia merupakan salahsatu upaya untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Sebagai contoh kini bermunculan berbagai jenis bisnis online yang menjual berbagai barang mulai dari barang-barang kebutuhan primer, sekunder hingga barang-barang mewah sekalipun.

Dengan jaringan yang tidak terbatas, proses trading tidak hanya berada dalam lingkup regional, tetapi juga sampai pada kancah nasional bahkan internasional. Meluasnya jaringan bisnis berkat optimalisasi teknologi digital dan internet, rakyat Indonesia memiliki kesempatan untuk memperoleh profit (keuntungan) yang sebesar-besarnya. Sehingga jika dilontarkan dengan nada optimis, kesejahteraan rakyat Indonesia semakin berada di depan mata.

 
2.  Memperkaya Intelektual Bangsa

Pengetahuan dan wawasan luas merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh setiap individu agar menjadi pribadi yang berkualitas serta berguna bagi lingkungannya (bangsa dan agama). Syarat tersebut bisa kita dapatkan melalui informasi-informasi penting dalam internet yang tersedia dalam berbagai digital device (perangkat digital) seperti mobile, tablet PC, laptop dan lain-lain.

Tersedia jutaan artikel, diktat kuliah dari universitas terkemuka di dunia, hasil penelitian (research), fakta-fakta sejarah, berita terkini serta berbagai informasi-informasi lainnya yang akan memperkaya intelektual bangsa Indonesia. Kini telah tiba saatnya pada era open source of knowledge (sumber pengetahuan yang bebas).

Dapat kita bayangkan Indonesia akan mengalami perkembangan yang sangat pesat apabila semua rakyat Indonesia memiliki pengetahuan dan wawasan luas disertai dengan keikhlasan menyebarkan pengetahuan yang dimilikinya. Hal mulia ini bisa kita realisasikan dengan mengoptimalkan teknologi digital.

3. Arena Pemersatu Bangsa

Indonesia kaya akan budaya serta memiliki perbedaan suku, ras dan agama. Di bawah naungan Bhinneka Tunggal Ika, pluralisme dan keanekaragaman tersebut harus kita satukan demi terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa. Tentunya harapan akhir agar terwujudnya Indonesia yang lebih baik.

Media sosial adalah salahsatu produk teknologi yang mampu menyatukan perbedaan tersebut. Perbedaan tidak lagi menjadi dinding pembatas dalam menjalin persahabatan. Selain itu dengan media sosial, kita dapat menambah relasi atau hubungan pertemanan yang sangat mungkin berlanjut menjadi mitra bisnis. Semakin banyak relasi semakin banyak kesempatan untuk melakukan perubahan bagi Indonesia. Peran teknologi dalam memersatukan bangsa sangat terlihat kontribusinya.

Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi digital harus disikapi dengan arif dan bijak oleh segenap bangsa Indonesia agar output yang dihasilkan memberikan manfaat yang akan membawa perubahan bagi Indonesia. Kecepatan dalam mengakses informasi yang tersedia juga semestinya dioptimalkan seefektif mungkin untuk menghadapi tantangan globalisasi. Selain itu, bangsa Indonesia juga diharapkan mampu bersaing dengan negara lain di delapan penjuru mata angin lainnya. Teknologi digital hadir memberikan secercah harapan bagi Indonesia. Oleh karena itu mari kita jadikan Indonesia sebagai kerajaan digital.

Tulisan ini diikutsertakan pada Ngawur Writing Contest yang diselenggarakan oleh Komunitas Ngawur dan didukung oleh Pusat Teknologi.

Salam Blogger Nusantara

6 comments:

  1. Indonesia telah menunjukkannya dengan menjadi pengguna twitter ke-5 dan facebook ke-3 terbanyak di dunia. Namun kebanyakan lebih ke mengungkapkan kegalauannya saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inilah yang harus disikapi dengan baik dan secara tanggap. Nada-nada pesimistis terhadap kemajuan Indonesia pun bermunculan di berbagai media sosial. Harus segera dicari solusi permasalahannya.

      Delete
    2. Iya sepertinya budaya alay yang suka ngeluh di socmed semakin menjamur.dan yg lebih parahnya semua ini menular.

      Delete
    3. Udah kaya jamur sama virus aja pokoknya.. inilah yg disebut efek viral gan.

      Delete
  2. perkembangan digital juga didukung dengan cepatnya pertumbuhan digital device seperti tablet PC dan camera.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya apalagi masyarakat Indonesia begitu tanggap pada barang2 baru.Selalu ingin terdepan dan tercepat :-)

      Delete

Write comment below or mention me at @rilutham on Twitter!